How to Survive in the Train

tumblr_nvqgocPu5c1ue9fj3o1_1280

i don’t know

It’s so random post.

Jadi gue adalah salah satu orang yang suka banget menggunakan transportasi umum, khususnya itu kereta. Gue berangkat pergi pulang dari rumah ke tempat gue bakal berkegiatan hingga balik lagi kerumah itu pasti pakai kereta. Jadi ya lo bakal tahu lah seberapa udah lamanya gue menjadi pengguna kereta.

Nah karena udah lama itu lah, gue jadi banyak banget menemukan segala macam perilaku orang, kendala selama naik kereta dan lain-lain. Kadang banyak yang bilang kalau kereta adalah transportasi darat tercepat untuk saat ini, ada juga yang bilang kereta itu adalah transportasi terpadat saat ini, dan ada juga yang bilang kalau kereta adalah transportasi yang paling telat saat ini.

Ya gue akui yang terakhir itu benar.

Walaupun telat 10 menit, itu tetap telat.

*hellooow tetap disiplin waktu please!!!* ujar gue dalam hati.

Kereta memang cocok banget buat kalian gunakan jika kalian adalah seseorang yang punya tempat kegiatan atau ingin ke tempat bepergian yang jauh tetapi tidak ingin terkena macet ataupun tidak ingin berlama-lama dijalan. Disini gue mau menjelaskan, bagaimana sih cara lo harus bertahan selama menjadi penumpang kereta, so check this out!

Harus punya badan kuat

kadang, kalau lo lagi naik kereta di jam sibuk dan ramai, kamu pasti bakal sering banget berebutan untuk masuk ataupun dorong-dorongan. itu udah biasa banget. maka dari itu kamu semua yang pasti,bakal,ataupun sering naik kereta di jam tersebut, diharapkan punya badan yang kuat untuk menahan setiap dorongan orang-orang. kalau gak kuat? ya wassalam. nunggu kereta selanjutnya aja. tapi ya gitu, bakal lama dan udah pasti telat.

Harus bisa lari cepat

Balik lagi ke alasan yang pertama, kalau emang kamu orang yang suka naik kereta di jam sibuk dan ramai, pastikan kamu bisa lari cepat. karena kadang ada aja yaa kereta yang sepi trus tempat duduk banyak, atau tahu tahu waktu kamu mau transit, kereta yang mau kamu transit itu malah mau tutup pintu. yah males kan nunggu kereta satu lagi. so, jangan ragu-ragu buat lari sekencang-kencangnya untuk ngejar kereta. Disini juga kamu disarankan menggunakan sepatu yang nyaman yaa. kalau berangkat pakai sneakers atau sendal santai aja, nanti di kantor baru ganti highheels. wkwkwk

Harus tahu pintu kereta bakal berhenti dimana.

hehehe, ini sih kadang diluar prediksi yaa, because kereta di Indonesia itu tidak seperti MRT di singapura dimana pintunya itu selalu pas berhenti ditanda berhentinya pintu tersebut. kadang kalau yang namanya Commuter Line ya ada yang kelebihan jalannya ada yang malah gak sampai pojok berhentinya. So, kalau kamu mau nunggu kereta sambil berdiri di tempat yang tepat, nah ini tips gue.

  1. untuk jalur yang memuat 2 tujuan kereta, kamu bisa prediksi pintu keretanya itu dengan melihat kereta dengan tujuan lain itu, pintunya berhenti dimana, Nah kalau sudah tahu, kamu diwajibkan berdiri disitu. (prediksi : 80%)
  2. untuk jalur yang hanya memuat 1 tujuan kereta, kamu bisa prediksikan pintu keretanya itu dari seberang jalur lain. nah kamu liat kan jalur lain, misalnya ada kereta, pintunya berhenti dimana, nah kamu tunggu di tempat yang sedikit ke kanan atau ke kiri pintu kereta tersebut. kenapa begitu? karena setiap jalur punya batas kereta yang berbeda-beda, jadi kadang suka kereta yang berhenti suka kemunduran ataupun kemajuan (prediksi : 50%)

 

Amankan semua barang yang kamu bawa

ini penting sih, gak mungkin enggak. Yang namanya kejahatan mah ada aja ya jaman sekarang. Apalagi kalau ditempat ramai seperti stasiun dan didalam kereta ya, pasti ada aja pencopet yang mencari kesempatan. nah saran aku, kalau emang kamu takut kecopetan, tas yang kamu bawa selalu posisikan di depan kamu dengan resleting yang tertutup rapat atau masih bisa terlihat dengan mata. kalau mau lebih aman, gunakan tas yang memiliki cara menutup tasnya itu tiga macam dan berkulit tebal, seperti ini :

Hasil gambar untuk tas serut dengan resleting

 

Kebetulan tas yang aku pakai seperti ini. jadi tas ini itu punya tiga kali kunci gitu, yang pertama diresleting, yang kedua kunci serut yang bisa diikat dengan tali dan yang ketiga di klip dengan kunci magnet. mungkin kalau yang kunci magnet masih bisa kebuka-buka ya, tetapi jangan ragukan dengan  kekuatan kunci tali serut. males juga kali ada pencopet yang buka simpulan tali serut wkwkwk.

Pastikan perut kenyang dan sedia minum sebelum berangkat.

ini penting guys, karena banyak banget kejadian sangkin ramainya kereta, banyak banget penumpang yang jatuh pingsan karena desak-desakan. oleh sebab itu sebelum berkegiatan diwajibkan untuk makan terlebih dahulu ya. lalu juga harus sedia air minum karena nunggu kereta itu pasti lama dan panas. dari pada dehidrasi kan, lebih baik kita sedia minum sebelum dehidrasi. betul betul? hehehe

nah itu dia tips yang bisa gue kasih ke kalian yang mau mencoba dan bertahan untuk bertransportasi menggunakan kereta. jangan kapok-kapok naik kereta ya

 

Love

Rysha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s